28 February 2008

:: ICT ....Its Enough !

Lebih dua dekade ini kita dibuat tercengang mengamati betapa pesatnya perkembangan ICT (Informasi, Computer and dan telekomunikasi), mulai dari semakin merakyatnya penggunaan gadged/device berbasis ICT seperti HP, notebook sampai dengan penggunaan utilitas online yang mepengaruhi gerak denyut kehidupan kita sehari sehari. Kita tak bisa lagi membayangkan bagaimana kehidupan tanpa adanya sistem bank online, reservasi online atau dalam hal sepele bagaiamana rasanaya dikesepian kita dimalam hari tidak ada informasi yang kita dapatkan karena tak ada sumber informasi yang namanya internet.

Perkembangan ekponensial ICT kedepannya lebih tak dapat terbayangkan lagi. Mungkin dalam satu dasarwarsa kedepan tubuh manusia sudah tertanam chip multi fungsi, baik itu sebagai identitas pribadi,atau sebagai account yang menandai seberapa banyak deposit kita di bank sampai dengan fungsinya sebagai GPS yang menandai setiap gerak gerik kita dimuka bumi. Setiap momentum kejadian dimuka dimuka bumi terekam dengan apik, karena setiap jengkal jarak terpasang webcam dalam bentuknya yang lain dari kamera konvensional sekarang ini, sehingga kejahatan di masa lampau dapat segera terlacak dan ditentukan siapa pelakuknya. Robotisasi yang ditrigger semakin canggihnya dunia komputer mungkin lebih canggih lagi, dan penggambaran film futuristik tentang robot yang mempunya inteligensi artifisial layaknya seperti manusia mungkin hanya tinggal waktu saja. Singkat kata kita telah di jejali hiruk pikuknya kehidupan yang didorong semakin canggihnya perkembangan ICT.

Apakah semua kecanggihan itu membuat hidup kita sekarang ini menjadi lebih nyaman dan mudah ? Sebagian mungkin ya. Namun sebagian lagi mungkin terlalu berlebihan dan terlalu maju melampaui waktunya. Ibarat memiliki hp dilengkapi bermacam macam fasilitas fitur sementara yang kita butuhkan hanyalah untuk voice dan sms saja. Suatu perkembangan yang baik adalah perkembangan yang proporsional dimana segmen yang lain juga ikut tumbuh dan berkembang dengan irama dan kecepatan yang relative sama. Namun dengan perkembangan teknologi sekarang ini ? Rasa rasanya hanya ICT saja yang mendominasi perkembangan dunia ini. Ada kepincangan di sini....

Dalam kehidupan sekarang ini, dimana penetrasi hp, komputer telah begitu meluas dikalangan masyarakat sehingga komunikasi dan informasi menjadi murah dan sangat accessible bagi masyarakat, tapi disisi lain hidup kita disesaki oleh hal hal mendasarseperti semakin mahalnya BBM, listrik dan ancaman kelangkaan pangan, yang sebenarnya lebih disebabkan ketertinggalan kita sebagai umat manusia dalam mengembangkan teknologi yang berkaitan dengan energi alternatif dan teknologi pangan.

Jika perkembangan teknologi energi sepesat seperti perkembangan ICT, mungkin tidak ada lagi tiang tiang PLN ditepi jalan yang membuat pemandangan kota menjadi semrawut, karena disetiap rumah sudah punya sistem energinya sendiri dengan ditemukannnya teknologi penyimpanan energi listrik volume besar dalam batere sehingga dapat dipakai sebulan walaupun watt yang terpakai cukup besar. Atau teknologi konversi energi sudah sedemikian maju, sehingga transportasi tidak membutuhkan lagi bahan bakar fosil, karena mesin penggeraknya sudah menggunakan teknologi yang dapat mengkonversi energi dari medan magnet yang berlimpah ruah di alam ini menjadi energi kinetis, seperti analogi kapal layar konvensional yang menggunakan energi angin untuk mengaruhi samudera nan luas. Bukankan hal ini akan memberikan sumbangan nyata terhadap kesejahteraan dan kenyamanan manusia dibandingkan dengan misalnya sebentar lagi bahwa keyboard yang kita pakai akan digantikan dengan perintah suara untuk mengoperasikan komputer?

Say enough for ICT !

No comments: