25 October 2008

Menakar Kemungkinan Adaptasi Film Sang Pemimpi

Setelah laris manis dengan film Laskar Pelangi, Riri Reza akan membuat sekuel lanjutannya. Sang Pemimpi the Movie!

Ada beberapa alasan menurutku film ini nantinya akan lebih menggambarkan nuansa asli seperti versi novel nya dibandingkan dengan film terdahulu, yang kata sebagian orang visualisasinya dangkal dan tidak sedetail sebagaimana versi tulisannya.

Pertama, belajar dari pengalaman membuat film Laskar Pelangi, Riri Reza telah mengalami proses kreatif bagaimana memvisualisasikan sebuah novel best seller secara pas dan tepat kedalam media film.

Kedua, tokoh inti dalam cerita novel tidak sebanyak tokoh di Laskar Pelangi, hanya tokoh si Ikal, Arai dan Jimron. Tiga Sahabat yang petualangannya mengharu biru jalan cerita Sang Pemimpi. Tim Miles Production tampaknya akan lebih fokus dan nyaman menggarap ke tiga tokoh ini.

Ketiga, alur cerita Sang Pemimpi lebih linear, tidak meloncat-loncat lagi seperti cerita Laskar Pelangi.

Terakhir tetapi tidak menutup kemungkinan ada alasan lainnya.Unsur drama dalam cerita itu sudah mencukupi, sehingga adaptasi penambahan tokoh lain agar lebih dramatis tidak diperlukan lagi.

Bagiku, dan mungkin juga termasuk Anda, adalah penampilan sosok Bang Zaitun - Pimpinan Orkes Melayu Pasar Ikan. Mudah-mudahan Salman Aristo yang akan buat skenario ini film, bisa mengeksplore sang tokoh ini, tentunya lengkap dengan penampilan celana cutbrai, cincin batu akik besar di setiap jarinya, serta style bicaranya yang diakhiri dengan tawa hi…hi…hi.

Hmm. Tak sabar rasanya menunggu hadirnya film ini.

2 comments:

Rina Suryakusuma said...

Salam kenal ya Mas Ilyas. Seperti anda, nggak sabar juga buat menunggu adaptasi film Sang pemimpi, masterpiece-nya Andrea Hirata ini

Ilyas Mak said...

@ Rina Suryakusuma: met kenal juga. Ternyata penggemar karya Andrea juga yach ?! Walaupun sama2 pengarang :) Ditunggu novel keduanya,Zoom, yg ntar lagi terbit ...