09 November 2008

Menyembunyikan Bar Navigasi Pada Halaman Blog

Saya bukan designer template seperti mas isnaini yang orang bima itu (bune haba mas Isnaini?). Bukan juga kang rohman yang suka mebagikan tip-tip seputar fitur blog. Saya newbie di dunia blog ini. Kali aja anda punya problem yang sama dengan saya. Dan saya mau berbagi. Karena berbagi itu indah kata kang rohman... :)

Sudah lama saya ingin menghilangkan tampilan bar navigasi pada halaman blog saya. Maksudnya agar tampilan blog sedikit lebih personal. Pada template yang disedikan oleh blogspot, bar navigasi sudah default. Jadi akan sia-sia kita menghapusnya dengan cara mencari tombol “hapus” pada edit halaman. Masalah terpecahkan ketika saya mencoba sebuah template yang ternyata tampilannya tidak ada bar navigasinya.. Setelah saya lihat pada kode htmlnya. Oh, ternyata harus ada perintah untuk menyembunyikan bar navigasi.

Caranya silakan ikuti langkah di bawah ini :

1. Seperti biasa Sign in di blogger
2. Klik menu Layout
3. Klik menu Edit HTML
4. Jangan lupa back-up data, dengan mendownload template awal.
5. Copy paste kode dibawah ini di atas kode: body {

ini kodenya :

.navbar {
display:none;
}
* {
margin: 0;
padding: 0;
}

6. Save hasil perubahan.

Nah bar navigasinya telah disembunyikan. Mudah-mudahan saya tidak dipenalti oleh blogspot karena menyarankan hal ini. Selamat mencoba

4 comments:

Anonymous said...

kayaknya metode ini dilarang sama blogger, bisa dibanned lho

Ilyas Mak said...

@kanoko: memang ngga enak juga sih. sdh diberi space oleh blogger tapi ngga mau nampilin bar-navigasinya. But mudah2an blogger ngga marah2 amat.

desneldi said...

Yep it's done.
tks yas

Ilyas Mak said...

yup... sama sama ches