20 November 2008

Blog Lama Dengan Muka Baru


Akhirnya bisa juga menggunakan design blog dari Woork - The Daily Inspired yang saya rombak total, sehingga sudah tak kelihatan lagi wajah aslinya. Tampilan yang saya pakai ini adalah hasil utak atik template Antonio Lupetti yang bergaya style magazine. Kastemisasi lay out, tampilan dan pewarnaan blog saya lakukan secara manual, karena template awal sangat miskin dengan widget. Jadi saya harus bermain dengan kode HTML, kode CSS dan kode Blog secara penuh. Susahnya, saya awam dalam hal ini. Cara trial and error pun tak terelakkan. Untung dirumah pakai speedy yang membantu saya melakukan perubahan-perubahan secara online.

Bagian yang tersusah menurut saya, adalah menampilkan isi posting penuh pada halaman depan. Pada halaman depan template asli, posting hanya ditampilkan judulnya saja, sementara saya ingin isi posting ditampilkan penuh. Kode menampilkan isi posting ".......<p><data:post.body/></p>......" saya dapatkan dari sebuah situs, dan hanya perlu menginsertkan nya secara tepat ke barisan kode html. Tak mudah memang, sedikt saja ada kelebihan atau kekurangan tag maupun karakter, maka blogger tidak akan mau menyimpan hasil edit.

Untul menampilkan fitur-fitur lain seperti shout box, hit counter atau fitur sejenis yang menggunakan java script, saya siasati dengan membuat kode baru sehingga pada tata letak akan muncul bagian untuk membuat widget baru. Untuk diketahui saja, perintah untuk membuat widget baru tak ditemukan pada design awal.

Hampir semua elemen penyusun blog seperti garis, list item, separator menggunakan image yang tersimpan di blog Antonio Lucepi, sehingga kita juga harus membackup dan menyimpan image tadi di situs penyimpan gambar seperti picasa, flickr serta mengubah link-nya ketempat yang baru. Tindakan ini untuk antisipasi jika situs lama yang menyimpan image elemen blog tidak aktif lagi.

Nah, bagi rekan-rekan yang berminat menggunakan template design yang di release oleh antonio, tapi punya problem yang sama dengan saya silakan berbagi disini.

Download template Magazine Style-nya Antonio Lucepi disini.

5 comments:

Anonymous said...

walaupun diutak-atik bagus juga

Ilyas Mak said...

@kanoko: terimaa kasih mas kanoko... blognya mas juga bagus & menambah wawasan ttg blog.

Linda said...

mampir disini....salam kenal.....^_^

Anonymous said...

@linda: thanks Linda atas kunjungan baliknya

Anonymous said...

bebagi ilmu denganku ya mas,

kode html buat recent komment caranya gimana mas ?

terus yang paling sulit buat nampilkan postingan itu bagaimana caranya, saya terus mengikuti blog anda ?

email langsung aja ke desolatorkings@hotmail.com

gak usah gambar sukup singkatkan aja kodenya